Jln Kiai Brengkel No 9 Purworejo

Pendamping PKH Merasa Kesulitan

Program Keluarga Harapan Kab Purworejo

Pendamping PKH Merasa Kesulitan

Gambar pengambilan video testimoni di rumah KPM ibu Ningsih, desa Brondong , Bruno

Masih pada suasana awal tahun, semua pendamping saling berjibaku menyelaraskan tugas dalam rangka suksesi bisnis proses PKH. Di tengah-tengah kesibukan tersebut datanglah sebuah surat dari direktur jaminan sosial keluarga yang mengintruksikan adanya kompetisi kreatifitas video testimoni yang menampilkan berbagai aktivitas keluarga penerima manfaat PKH. Perhelatan Kompetisi ini berlangsung dari Januari Hingga Februani. Hal ini sontak membuat beberapa pendamping kaget dan juga ada yang menyambut baik dengan adanya surat intruksi tersebut. Pasalnya kompetisi tersebut baru kali ini diadakan, lantas membuat fikiran pendamping berkecamuk apakah ini sebuah harapan ataukah justru tantangan. Menjadi sebuah harapan, karena ini merupakan momen baik bagi pendamping dimana kompetisi tersebut akan menunjukkan dan menampilkan gambaran perubahan perilaku dan perubahan taraf kehidupan KPM PKH yang merupakan hasil jerih payah pendampingan dari SDM PKH. Pada sisi lain, kompetisi ini juga menjadi tantangan tersendiri karena tidak semua SDM PKH memiliki kepiawean membuat dokumentasi video yang apik. Mayoritas yang menjadi benak pikiran utama SDM PKH sehari-hari hanyalah bagaimana cara memberikan pelayanan dan dampingan dalam agenda besar mengentaskan kemiskinan dapat berjalan dengan baik, sehingga belum pernah sepersen pun memikirkan pembuatan video. Pada arena inilah pendamping sempat merasa kesulitan dalam membuat video testimoni tersebut.

Pada dasarnya munculnya kompetisi video ini merupakan bentuk Sosialisasi keberhasilan progam dalam upaya perubahan perilaku keluarga penerima manfaat PKH dalam mengakses kesehatan pendidikan, sosial ekonomi serta peningkatan kondisi yang mengarah pada kemandirian. Selain itu memberikan kesempatan kepada SDM PKH untuk menunjukkan kreatifitas dan produktifitasnya dalam publikasi keberhasilan dampingannya. Mengingat hal tersebut tentu menambah semangat tersendiri bagi pendamping untuk menseriusi hal ini. Semua pendamping saling bekerjasama dan memikirkan agar projek pembuatan video ini dapat terlaksana dengan baik.

Pada akhirnya semua pendamping dapat belajar bersama, baik yang sudah memiliki kemampuan videografi ataupun yang belum sama sekali mempunyai pengalaman dalam pembuatan video. Hal ini seperti yang dikatakan oleh fuad salah satu pendamping kecamatan Bruno, kabupaten Purworejo yang mengatakan “awalnya saya merasa kewalahan dan kesulitan, karena saya tidak tahu menahu teng pembuatan video. Namun, setelah difikirkan bersama-sama dalam koorkoordinasi antar pendamping setiap hari senin, hal tersebut menjadi terasa mudah, dan alhamdulillah video saya terpilih untuk mewakili kabupaten di provinsi, mudah-mudahan jadi ladang berkah khususnya buat teman-teman saya disekretariat PKH Kecamatan Bruno”.

Sudah selayaknya dalam sebuah tim kerja harus saling bahu membahu melaksanakan tugas dan fungsi kerjanya secara bersama-sama, agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik dan efisien. Begitupun juga dalam ranah progam keluarga harapan (PKH), dimana salah satu faktor penentu kesuksesan PKH adalah adanya keberadaan SDM Pelaksana PKH yang merupakan bagian dari representasi pemerintah. Tugas besar ini tentu bukan hal yang mudah bagi seorang pendamping tanpa adanya tekad yang kuat dan kemitraan yang baik. Terlebih lagi SDM PKH di seluruh Indonesia menjadi kunci penting dalam menyampaikan keberhasilan PKH dalam perubahan-perubahan pada keluarga penerima manfaat, baik dari sisi perubahan perilaku kesehatan dan pedidikan, sosial ekonomi, maupun kemandirian, maka dari itu penting adanya kompetisi video testimoni ini sebagai upaya tanggung jawah SDM PKH dalam rangka publikasi pelaksaan PKH dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Sumber :

  1. Surat direktorat jaminan sosial keluarga Nomor 110/L25. 25k. 22/01/2019
  2. Hasil wawancara pendamping PKH Kec. Bruno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *