PEMBERDAYAAN KPM DAN SDM PKH MELALUI TOKO ONLINE

Potensi pengambangan Pemasaran Produk Hasil KUBE maupun UEP Keluarga Penerima Manfaat Kabupaten Purworejo sangat tinggi. Sampai Tahun 2020 ini sudah ada sekitar 600 KUBE dan 200 UEP yang berusaha dbidang produksi makanan,kerajinan ,peternakan dan jasa.. Berbagai pelatihan dan pameran yang didukung oleh Dinas Sosial Kabupaten Purworejo sejak tahun 2014 sudah dilakukan namun perkembangan produk maupun pemasaran produk belum bisa nyata terbantu. Kondisi tersebut menggugah TIM PPKH Kabupaten Purworejo untuk membuat terobosan pemasaran khususnya bagi produk KUBE dan UEP di Kabupaten Purworejo.

Hikmah dari Kondisi Pandemi Covid-19 TIM PPKH Kabupaten Purworejo mencoba mengambangkan Toko Online untuk membantu promosi dan pemasaran produk-produk KUBE dan UEP Kabupaten Purworejo. Dimulai dengan didirikannya toko online Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo www.pkhpurwodadi.com yang dilounching Bulan April 2020. Pendirian Toko online Kecamatan Purwodadi ini ditanggapi baik oleh konsumen, khususnya warga purworejo yang tidak bisa pulang/mudik karena pandemic covid-19 namun merindukan makanan Purworejo.

Dalam perjalanan awal Toko online Purwodadi tidak kurang 7 sd 10 pengiriman setiap hari, yang didominasi produk geblek purwodadi. Hal tersebut terus berjalan dengan berbagai kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapi antara lain busuk pengiriman dan kesediaan produk dimasa panen padi.

Dengan perkembangan Toko Online Kecamatan Purwodadi yang cukup baik bagi pemasaran dan promosi produk KUBE dan UEP Kabupaten Purworejo, TIM PPKH Kabupaten Purworejo ingin mengembangkan toko online kecamatan Purwodadi menjadi toko online yang lebih besar, baik cakupan produk maupun pemasarannya. Hasil Diskusi Panjang TIM PPKH Kabupaten Purworejo memutuskan untuk membuat lagi toko online ditingkat Kabupaten dengan nama www.tokobisa.com . Sementara Toko Online yang sudah ada di Kecamatan Purwodadi juga tetap dijalankan.

Untuk memperluas cakupan bisnis dan penguatan kelembagaan www.tokobisa.com dibuatkan Badan Hukum berbentuk CV dengan Nama CV. TOKO BIS BERSAMA berdasarkan Akta Notaris No.05 tanggal 19 Agustus 2020 dan terdaftar dalam Kementerian Hukum dan HAM RI No. AHU-0045544-AH.01.14 Tahun 2020 tertanggal 28 Agustus 2020.

Selama 3 bulan pertama ( September – November) dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan www.tokobisa.com baik dari : Pengembangan Kwalitas dan Kwantitas Produk, Jaminan Keamanan belanja, Jaminan mutu Produk dan keamanan belanja dan Kerjasama dengan pihak suplayer . Walaupun dalam masa percobaan , www.tokobisa.com masih bisa melayani pembelian walupun masih dalm jumlah produk yang terbatas dan kami berharap diakhir bulan November 2020 ini www.tokobisa.com sudah betul-betul bisa full running dengan membawa produk-produk KUBE, UEP Pkh tidak hanya di Kabupaten Purworejo namun satu Provinsi Jawa Tengah.

Juli Prabowo, Korkab PKH Kab Purworejo

.  

.

Author: ppkhkab